Rabu, 18 April 2012

Urgensi Ujian Nihai

Ujian Nihai merupakan Evaluasi Belajar Tahap Akhir versi pesantren. Materi pelajaran yang diujikan merupakan mata pelajaran lokal / kepesantrenan yang sudah diajarkan sejak kelas 1 TMI (setingkat kelas VII MTs/SMP) hingga kelas 6 TMI (setingkat kelas XII MA/SMA/SMK).Ujian Nihai ini meliputi Ujian lisan (imtihan syafahi) dan ujian tulisan  (imtihan tahriri).
Tahap ujian lisan sudah dilaksanakan pada hari Jum’at, 23 Maret 2012 untuk bahasa Arab dan Sabtu, 24 Maret 2012 untuk bahasa Inggris. Tanggal 26-28 Maret 2012 dialokasikan Try Out tahap ketiga untuk Ujian Nasional (UN). Adapun ujian tulis dilaksanakan dari tanggal 29 Maret- 5 April 2012. Ujian lisan dilaksanakan sebelum ujian tulisan dengan maksud antara lain memberikan kesempatan belajar para santri untuk mempersiapkan ujian tulis. Fungsi lainnya adalah penilaiain peterhadap pencapaian santri dalam ketrampilan bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta pembiasaan santri dalam interview / muqobalah syakhshiah.
Secara umum mata pelajaran yang diujikan dalam ujian tulis dikatagorikan ke dalam 3 macam; Mata pelajaran agama meliputi; Aqidah, Ushul Fiqh, Fiqh, Tarikh Islam, al Adyan, Mantiq, Tafsir, Hadits, Tajwid. Katagori mata pelajaran Bahasa: Bahasa Arab, Balaghoh, Nahwu, Shorf, Imla, Mahfudzot, Muthola’ah, Ta’bir, Khot, Bahasa Inggris, Grammar, Compose. Adapun katagori kepesantrenan: Tarbiyyah dan kepesantrenan Darunnajah.
Untuk lebih menunjang kesuksesan para santri Nihai yang berjumlah 67 santri, panitia ujian nihai 2012, ustadz Afif Maghfuri Tachroni, S.Pd.I membagikan SKL setiap materi pelajaran dan membentuk kelompok belajar yang dimonitoring oleh wali kelas. Mereka juga dapat belajar dari soal-soal tahun pelajaran sebelumnya yang ada di bank soal. Bebrapa mata pelajaran sudah diujikan bersamaan dengan Ujian Semester satu bulan Desember lalu.
Hasil ujian nihai ini akan diumumkan pada puncak agenda kegiatan santri kelas 6 TMI, Wisuda Santri/ Haflah Takhrij yang diagendakan pada Kamis, 17 Mei 2012 . Kriteia nkelulusan Ujian Nihai adalah A (Istimewa/ Mumtaz: 86 – 100), B (Baik Sekali / Jayyid Jiddan: 76 – 85), C (Baik / Jayyid : 66 – 75), D (Cukup / Maqbul : 56 – 65), E (Gagal / Rasyib : 46 – 55). (WARDAN/Abu Ezzat El Wazira).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar