Rabu, 18 April 2012

Membangun Pesantren Untuk Umat


Salah satu kegiatan siswa-siswi (non asrama) pesantren Darunnajah Cipining dalam 1 pekan terakhir ini adalah melaksanakan gotong royong membangun pesantren. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran setiap harinya. Secara teratur dan kondusif, biro rumah tangga bekerja sama biro pendidikan menjadwalkan gotong royong per kelas. Semua kelas mendapatkan jadwal kerja bakti ini yang dibimbing oleh para guru pengajar.

Kerja bakti dimulai pada tanggal 25 Februari lalu oleh siswa-siswi  kelas XII MA dan SMK. Di bawah bimbingan para dewan guru, mereka bertugas memindahkan batako yang berada di seberang jalan mendekati lokasi pembangunan. Kemudian masih dalam tugas yang sama, jadwal bergulir kepada kelas-kelas lain. Menurut Ustadz Faruq Abshori, kepala biro pendidikan, alas an diawalkannya kelas XII MA/SMK agar menjadi contoh dan sunnah hasanah untuk adik-adik kelas mereka.

Kegiatan gotong royong ini berada pada kawasan pembangunan Darunnajah Cipining di kampus 3. Sementara ini, di kampus 3 telah berdiri gedung sekolahan untuk SMP dan MA Darunnajah Cipining. Sesuai penjelasan Pimpinan pesantren, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc, rencana ke depannya, kampus 3 akan dialokasikan sebagai kawasan kampus santri berasrama khusus putra. Sedangkan kampus 1—yang kini ditempati santri putra-putri—secara khusus nantinya untuk santri putri.

Penambahan lokasi pendidikan pesantren Darunnajah Cipining tidak terlepas dari sebuah tanggung jawab dalam membangun ummat. Bapak Kyai sangat berharap, Darunnajah Cipining memiliki lembaga pendidikan yang lengkap dan modern. Sehingga, dengan fasilitas ini, program pembangunan ummat Islam dapat lebih baik. Alhamdulillah, seiring dengan itu, perkembangan pesantren didukung oleh ummat dengan memebrikan kepercayaan putra-putri menempa ilmu di pesantren.

Kepercayaan ummat yang demikian besar, tidak ingin dikecewakan oleh Bapak Kyai dengan alasan tidak memadainya lokasi atau masalah teknis lain. Karenanya, sedini mungkin, beliau membangun pesantren guna mengambil tanggung jawab membina ummat tersebut dengan tanpa kendala. Dengan alasan itu pula, Darunnnajah Cipining siap menerima santri dengan kuantitas besar mengingat lokasi pesantren seluas 70 hektar yang telah menunggu untuk dibangun sebagai pusat peradaban Islam di Indonesia.

Tahun ajaran 2012-2013 telah dibuka pendaftaran baru. Bagi yang ingin bergabung menjadi santri dapat menghubungi panitia PMB (Penerimaan Murid Baru) di nomor 081280826262 (Telkomsel-Simpati), 085714873135 (Mentari-IM3), atau di Pin BB 2307D88A. Diperkenankan pula melalui email di alamat pmb.online.darunnajah@gmail.com. PMB untuk tahun ajaran 2012-2013 telah dibuka mulai bulan Januari 2012 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar