Rabu, 18 April 2012

Mid Semester 2, Santri Kejar Target

Sesuai  edaran pengumuman dari panitia, ujian mid semester 2 (genap) dilaksanakan mulai Sabtu, 3 Maret 2012. “Alhamdulillah, sesuai agenda, mid bisa kita laksanakan mulai besok” ujar Ustadz Husnul Mubarok pada hari Jum’at malam saat memberikan mengumumkan jadwal mid per kelas melalui sms center.
Seiring dengan diselenggarakannya ujian mid seluruh santri pondok pesantren Darunnajah Cipining, maka ada beberapa jadwal kegiatan pesantren yang disesuaikan. Salah satunya adalah kegiatan usai sholat Shubuh. Jika biasanya saat itu digunakan dengan pengajian Al-Qur’an dan pengkajian Islam, sekarang dirubah menjadi waktu untuk belajar santri.
“Kegiatan ba’da jamaah Shubuh adalah pembacaan ta’lim oleh dewan guru. Usai ta’lim, guru yang bertugas melanjutkan dengan memimpin pembacaan doa mau belajar. Semua guru yang berada di masjid kemudian turut merapikan barisan belajar santri yang berkelompok sesuai kelasnya masing-masing” tambah Ustadz Husnul.
Belajar massal ba’da Shubuh adalah bentuk penambahan waktu belajar yang sudah terjadwal setelah sholat Isya, yaitu pukul 20.00 s.d 21.30 WIB. Penambahan ini dimaksudkan agar santri siap dan berkonsentrasi dalam menghadapi ujian mid ini. Karena, nilai ujian mid akan sangat memepengaruhi nilai semester kedua yang akan digunakan sebagai dasar dan pertimbangan kenaikan santri ke kelas berikutnya.
Adapun kegiatan mid semester ini akan berlangsung selama 2 pekan. Pelaksanaan ujian mid dilaksanakan setiap harinya dengan 2-3 materi. Dengan kondisi ini, para santri siap belajar dengan maksimal. Mereka punya target untuk sukses dalam ujian dan tahun depan masuk ke kelas berikutnya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar