Rabu, 18 April 2012

pesantren


Pesantren atau Pondok Pesantren adalah sekolah Islam berasrama (Islamic Boarding School). Para pelajar pesantren disebut sebagai santri. Para santri belajar di sekolah ini, sekaligus tinggal pada asrama yang telah disediakan. Pesantren dipimpin oleh seorang kyai. Untuk mengatur kehidupan pesantren, kyai dibantu oleh guru-guru dan pengurus organisasi pelajar. Santri-santri senior ditunjuk untuk membimbing adik-adik kelasnya dan menjalankan organisasi pelajar.
Sebagai institusi sosial, pesantren telah memainkan peranan yang penting di beberapa negara. Di pesantren modern kurikulum yang diajarkan berimbang antara pelajaran umum dan pelajaran agama. Jenjang pendidikannya pun lengkap, mulai dari Playgroup, TK, SD/MI, SMP/SLTP/MTs/Tsanawiyah, SMU/SLTA/MA/Aliyah, Perguruan Tinggi/Universitas sampai Pendidikan Pasca Sarjana.
Banyak sekali Pesantren yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, kesemuanya menjunjung cita-cita yang sama, yaitu meninggikan agama Allah di muka bumi. Berikut ini anda bisa saksikan beberapa video dari Pesantren-pesantren yang ada di Indonesia. Dari video-video ini tentunya anda akan mendapat gambaran yang cukup jelas tentang Pesantren dan dunianya.



Di Pesantren semua santri belajar berbagai macam ilmu. Selain ilmu agama, life skill ataupun kecakapan hidup juga diajarkan. Ada komputer, internet, musik, olah raga, bela diri, diskusi, organisasi, conversation, public speaking, art, speech presentation, dan lain-lain. Berikut ini adalah contoh gambar-gambar kaligrafi yang juga diajarkan di Pesantren:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar